Permasalahan sampah dari tahun ke tahun tidak ada habisnya, terutama untuk kota-kota besar seperti Surabaya. Sampah yang menumpuk menyebabkan berbagai permasalahan lainnya, seperti gangguan kesehatan.

Dari persoalan tersebut, beberapa mahasiswa Universitas Airlangga (Unair) yang tergabung dalam tim Mamagot Unair berhasil lolos pendanaan KBMI 2020 (Kegiatan Bisnis Manajemen Mahasiswa Indonesia) yang diadakan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud). Tim yang dibimbing oleh Andi Hamim Zaidan MSi PhD (dosen Fisika Unair) tersebut memanfaatkan lalat black soldier fly (BSF) atau lalat tentara hitam sebagai budidaya untuk membantu mengurai sampah organik.

M Fajar Faliasthiunus P menyerahkan hasil olahan kepada salah seorang warga.

M Fajar Faliasthiunus P selaku ketua tim, mengatakan, timnya memilih pengolahan sampah organik karena ingin mengurangi kuota sampah. Selain itu, membantu masyarakat perkotaan yang ingin berwirausaha, tetapi terkendala lahan yang minim.

Mamagot merupakan bisnis yang bergerak dibidang sociopreneur. Bisnis Mamagot tersebut juga selaras mendukung tindakan pemerintah menuju zero waste.

“Mamagot ini berdiri sebagai kontribusi kecil kami anak muda dalam mengurangi sampah dan menciptakan lingkungan yang sustainable, menjadi lahan untuk membuka lapangan pekerjaan. Selain itu, saat ini kami mencoba mengembangkan produk dari maggot seperti kitosan dan minyak maggot sebagai upaya Indonesia mandiri material,” ujar mahasiswa Fisika tersebut, Senin (23/11/2020).

Tidak bergerak sendiri, dengan menggandeng masyarakat Dusun Sukomukti, Desa Sukorejo, Bangorejo, Banyuwangi, bisnis yang telah didanai dari Agustus hingga November tersebut berfokus untuk ikut membudidayakan BSF di rumah. Selain itu, memilah sampah organik yang nantinya dikumpulkan sebagai bahan pokok perkembangbiakan.

“Mamagot memiliki nilai yang tidak hanya untuk kegiatan bisnis, tetapi juga mengurangi penumpukan sampah yang biasa terjadi di lingkungan,” terang mahasiswa angkatan 2017 itu.

Dengan adanya pendanaan, Fajar berharap bisnis Mamagot terus sukses hingga rangkaian kegiatan KBMI 2020 berakhir. Selain itu, menjadi peluang besar untuk tim lebih semangat mengembangkan bisnis ke depannya. Ia berharap semoga dapat dijadikan motivasi baik dalam berbisnis maupun menjadi entrepreneur muda yang bermanfaat. [*]

Hasil pengolahan sampah tim Mamagot Unair.