Kabar baik datang dari Fakultas Vokasi (FV) Universitas Airlangga (Unair). Minggu (4/10/2020), tiga mahasiswa Prodi D3 Teknologi Laboratorium Medis FV berhasil meraih juara II dalam kompetisi National Business Plan Competition 2020 yang diadakan Universitas Negeri Surabaya (Unesa). Mereka adalah Ailiu Oktaviana Sumarno (2018), Devi Murtianingsih (2018), dan Tata Cahyani Ningtyas (2019).

Ailiu selaku ketua tim, menerangkan, dia dan tim menggagas produk aromaterapi berbahan kombinasi cengkeh dan biji pepaya. Produk itu diberi nama Essential Oil Syzygium aromaticum dan Carrier Oil Carica Papaya Pencegah Alzheimer atau disingkat OSCAR.

Dia melanjutkan, OSCAR membantu menghambat asetilkolinesterase penyebab alzheimer. Selain itu, produk tersebut berperan sebagai antioksidan.

“Aromaterapi ini dapat diaplikasikan pada kulit secara langsung atau diteteskan pada aromaterapi diffuser agar kandungan minyak esensial lebih cepat diserap oleh jaringan tubuh,” jelasnya.

Inovasi itu tidak hanya menjadi kabar baik dalam upaya penurunan angka prevalensi penyakit alzheimer, tetapi juga menjadi angin segar bagi petani cengkeh dan pepaya di Kecamatan Sawahan, Nganjuk, untuk meningkatkan penghasilan yang sempat menurun akibat pandemi Covid-19.

Ailiu mengatakan, dia dan tim tidak ragu untuk mengembangkan produk tersebut ke tahap produksi. “Produk ini memang dibuat untuk bisnis. Jadi, ke depannya, kami ingin memasarkannya agar lebih dikenal masyarakat agar perekonomian pekebun juga meningkatkan.”

Menurut Ailiu, kompetisi kali ini sangat ketat. Sekitar 50 tim dari berbagai universitas di Indonesia bersaing untuk mengikuti tahap pengumpulan fullpaper. Selain itu, dewan juri yang dipilih merupakan ahli di bidang kewirausahaan.

Sebelumnya, tiga sekawan itu juga perah meraih juara harapan I pada gelaran Moment of Civil Engineering 2020 di Bengkulu, 13-15 Maret lalu. “Kami sangat bersyukur karena ide bisnis ini bisa menjuarai lomba business plan tingkat nasional. Dewan juri bahkan tertarik untuk segera membelinya.”

Ailiu berharap, produk bisnis tersebut dapat segera dipasarkan ke seluruh Indonesia untuk mencegah alzheimer. Selain itu, dia berharap akan terus ada generasi baru yang melanjutkan estafet prestasi tersebut. “Pandemi tidak membatasi kita dalam berkarya,” pungkasnya. [*]

Caption :

Suasana lomba National Business Plan Competition 2020 yang diikuti Ailiu Oktaviana Sumarno, Devi Murtianingsih, dan Tata Cahyani Ningtyas pada Minggu (4/10).

Purwarupa produk Essential Oil Syzygium Aromaticum dan Carrier Oil Carica Papaya Pencegah Alzheimer (OSCAR).