Indonesia termasuk negara yang kaya akan sumber daya alam (SDA). Namun, potensi tersebut tidak diimbangi dengan sumber daya manusia (SDM) yang memadai. Seperti halnya yang terjadi di Desa Ko’ol, Kecamatan Klampis, Kabupaten Bangkalan, Jawa Timur. Desa ini memiliki potensi besar, baik SDM maupun teknologinya, tetapi belum dimanfaatkan dengan baik.

Dari permasalahan tersebut, beberapa mahasiswa Universitas Airlangga (Unair) yang tergabung dalam program holistik pemberdayaan dan pembinaan desa (PHP2D) Jama’ah Intelektual Mahasiswa Muslim Fakultas Sains dan Teknologi (JIMM FST), memberdayakan warga Desa Ko’ol untuk melakukan pembangunan pembangkit listrik tenaga surya. Nantinya ini akan dimanfaatkan warga untuk mengoperasikan pompa air guna mengairi sawah dan menyalakan lampu penerang jalan.

Menurut Ahmad Rosyid Ridlo selaku ketua, selain pembangunan juga merencanakan langkah pendampingan yang akan ditujukan untuk penggunaan, perawatan, dan pengembangan pembangkit tenaga surya itu. Hal itu dilakukan agar warga desa dapat memanfaatkan secara jangka panjang dan menjadi percontohan bagi desa lain.

“Program kedua, kami akan mengadakan pelatihan, sosialisasi, dan pendampingan terkait pengolahan ikan tambak yang harapannya dapat meningkatkan nilai jual hasil panen ikan tambak warga sekitar,” kata mahasiswa Fisika Unair, Senin (2/11/20).

Menurut Rosyid, alasan memilih Desa Ko’ol karena minimnya penerangan meskipun sudah ada akses listrik. Terutama penerangan jalan umum sangat minim. Akibatnya, terjadi penurunan produktivitas warga pada malam hari. Selain itu, sambungnya, terdapat keluhan warga terkait kebutuhan air bersih karena pada umumnya sumber daya air permukaan di Pulau Madura bergantung pada curah hujan. Sedangkan saat musim kemarau, sumber air ini mengering.

“Kegiatan ini kerja sama dengan pihak desa tentunya dan rencana akan mengadakan kerja sama dengan Kementerian ESDM, PLN, dan juga dinas pertanian untuk mendukung program kami ini,” tambah Ketua JIMM 2019 tersebut.

Dengan program tersebut, Rosyid berharap kegiatan atau program tersebut dapat bermanfaat bagi warga desa dengan menjadikan masyarakat mandiri energi melalui pembangkit listrik tenaga surya yang disalurkan untuk pompa air dan penerangan jalan desa. Selain itu, dengan diadakannya pelatihan serta pendampingan dalam bidang pertanian maupun perikanan.

“Sehingga pascaprogram, Desa Ko’ol bisa menjadi role model atau desa percontohan bagi di wilayah Kecamatan Klampis maupun desa lintas kecamatan di Bangkalan. Selain itu, harapan kami program ini bisa sedikit banyak membantu pemerintah dalam percepatan transfer informasi dan teknologi bagi masyarakat desa,” pungkasnya. [*]