Tim Universitas Airlangga (Unair) berhasil meraih juara 2 KMI Awards pada kategori industri jasa dan perdagangan 2020 yang diselenggarakan secara daring. Tim tersebut terdiri atas Raden Khairunissa Thifal Nabila (FEB), Indri Puspita Sari (FEB), Celine Levin (FISIP), Zulfa Anida (FKM), dan Firmah Anggun Ariyanti (FST). Adapun produk industri jasa yang membawa tim meraih juara adalah Ayra Home Spa.

Nissa menjelaskan, Ayra Home Spa merupakan layanan massage dan spa yang bisa dipanggil ke rumah konsumen. Adapun layanan yang ditawarkan kepada pelanggan, antara lain massage treatment, spa treatment, face treatment, hair treatment, dan nail treatment. Ayra Home Spa juga menyediakan layanan khusus, yaitu paket ibu hamil, pre wedding, staycation, serta mom & baby sitting special package.

Mom & baby sitting special package itu adalah paket dengan mengirimkan dua terapis. Satu terapis bertugas untuk memberikan treatment pada ibu dan satu untuk menjaga bayi,” jelas Nissa selaku ketua tim.

Ayra Home Spa pertama kali didirikan oleh Nissa pada 2016 bersama dengan salah satu temannya ketika masih kuliah di Yogyakarta. Bisnis tersebut awalnya berupa outlet yang kemudian dilakukan re-branding menjadi Ayra Home Spa pada 2018.

Selama pandemi Covid-19, Ayra Home Spa masih menjalankan bisnis dengan memperhatikan protokol kesehatan. Terapis dibekali dengan alat pelindung diri (APD), seperti masker, face shield, dan sarung tangan. Terapis juga dibekali dengan hand sanitizer serta dilakukan pengecekan tubuh dan kesehatan secara berkala. Calon pelanggan juga diwajibkan untuk mengisi formulir kesehatan dan riwayat perjalanan.

“Kami juga membatasi layanan, khususnya untuk pijat,” lanjut Nissa.

Strategi lain yang dijalankan untuk menghadapi pandemi Covid-19 adalah dengan mengembangkan bisnis pada bidang lain seperti Ayra Kitchen. Ayra Kitchen menjual makanan secara daring dan membuka katering makanan untuk memaksimalkan terapis yang ada.

Mendapatkan juara 2 KMI Awards, Nissa menilai beberapa keunggulan yang dimiliki Ayra Home Spa, antara lain terapis yang bersertifikat, baik sertifikat Badan Standar Nasional Pendidikan (BSNP) maupun lembaga keahlian swasta, manajer staf tersertifikasi BNSP dan tersertifikasi internasional, serta kreatif dan inovatif.

Nissa berharap, Ayra Home Spa dapat berkembang, lebih banyak mitra terapis yang bergabung, lebih banyak pelanggan, dan kesejahteraan mitra terapis bisa meningkat. Selain itu, Nissa berharap Ayra Home Spa bisa terus semangat berinovasi dan menghadapi situasi-situasi pada masa depan yang tidak pasti.

“Terima kasih juga kepada seluruh pihak yang membantu kami untuk mengikuti lomba KMI 2020,” ucap Nissa.

Sebagai informasi, terdapat beberapa platform yang digunakan Ayra Home Spa untuk melakukan usahanya. Di antaranya Instagramsitus web, dan Whatsapp. [*]