Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Airlangga (FISIP Unair) kembali mencetak prestasi gemilang di tingkat nasional. Ketiga mahasiswa Ilmu Politik 2017, yaitu Lalu Ary Kurniawan Hardi, Charisma Omega Nafu, dan Antonio Fernando memperoleh penghargaan juara 1 Champion dalam lomba Padjajaran Fest and Conference (PFC) Universitas Padjajaran 2020.

Tak hanya itu, ketiga mahasiswa tersebut juga berhasil meraih penghargaan sebagai Best Speaker. Co-1st Best Speaker diraih oleh Lalu Ary Kurniawan Hardi dan Charisma Omega Nafu karena skor keduanya sama. Adapun Co-3rd Best Speaker diraih Antonio Fernando.

PFC 2020 mengusung tema lomba “Transisi Revolusi Industri 4.0 Menuju Society 5.0 bagi Indonesia”. Lomba ini diikuti 32 tim debat dari 27 universitas di Indonesia. Mosi yang dibahas secara garis besar adalah tentang transisi dari revolusi industri 4.0 menuju society 5.0.

“Beberapa topik yang kita bahas itu di antaranya tentang startup, isu-isu lingkungan, ekonomi, dan sosial,” tambahnya.

Ary, Haris, dan Anton sejak tiga tahun terakhir benar-benar membangun kerja sama yang baik. Mereka bertiga sering melakukan case building, brain storming, dan banyak melakukan diskusi. Mereka juga banyak menyamakan persepsi karena yang paling penting dalam debat itu adalah penilaian individu yang dijumlahkan menjadi poin tim.

“Kita benar-benar harus menyamakan persepsi supaya argumen kita itu seragam agar skor tim kita bisa menjadi tinggi,” tambahnya.

Menurut Ary, mereka bertiga mencoba membangun jejaring dan membuat komunikasi dengan para pendebat-pendebat lain. Ketiganya juga bergabung dalam unit kegiatan mahasiswa (UKM) yang sama, yaitu UKM Airlangga Debate Society. Hal tersebut secara tidak langsung semakin meningkatkan kerja sama tim.

“Sebelum menjadi mahasiswa Unair, sebenarnya kami bertiga sudah berpengalaman mengikuti lomba debat di SMA masing-masing. Karena tahu sama-sama memiliki minat berdebat, akhirnya kita membentuk sebuah tim yang solid,” tutupnya. [*]