Virus nipah merupakan virus yang kali pertama ditemukan di Malaysia pada 1999. Bahkan, virus ini sempat menyebabkan wabah pada kalangan peternak babi di sana pada tahun yang sama.

Wabah yang terjadi di Malaysia juga berdampak pada Singapura. Penularan virus disebabkan kontak langsung manusia dengan babi sakit atau jaringan yang terkontaminasi.

“Virus ini berpotensi menjadi pandemi kedua karena sifat virus dan cara penularannya mirip dengan SARS-CoV-2,” terang Dr Agung Dwi Wahyu Widodo dr MSi MKedKlin SpMK, dosen Departemen Mikrobiologi Fakultas Kedokteran Universitas Airlangga (Unair).

Gejala yang ditimbulkan menyerupai influenza seperti badan meriang, demam, hingga otot-otot terasa nyeri. Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) dalam situsnya menyebutkan bahwa tingkat kematian yang dibawa virus ini diperkirakan mencapai 75 persen.

Ada beberapa hal yang mengakibatkan tingkat kematiannya mencapai 75 persen. Pertama, penanganan yang kurang komprehensif. Kedua, gejala yang tidak umum dan kejadian yang terjadi sangat cepat. Ketiga, belum ditemukannya vaksin atau obat untuk virus ini.

“Tidak ada pengobatan yang spesifik untuk virus ini. Pengobatannya hanya penatalaksanaan suportif saja agar penderita bisa bertahan hidup,” sebutnya. “Vaksin untuk virus ini juga belum ditemukan sehingga pencegahannya bisa terlambat,” imbuhnya.

Virus ini berpotensi menjadi pandemi karena sudah ada penularan dari manusia ke manusia. WHO mencatat pada 2001, wabah virus nipah terjadi di di Siliguri, India. Penularan virus itu terjadi pada layanan kesehatan. Sebanyak 75 persen kasus di antaranya terjadi pada staf rumah sakit serta pengunjung.

“Pandemi bisa terjadi karena meski diakibatkan oleh kelelawar buah, tetapi sudah terjadi penularan dari orang ke orang. Masa inkubasinya juga mirip dengan SARS-CoV-2, yaitu sekitar 5 sampai 14 hari,” ujar Dewan Pakar Satgas Covid-19 IDI Jawa Timur itu.

Unair merupakan salah satu kampus terkemuka yang turut dalam usaha pencegahan penyakit menular dan tidak menular di Indonesia. Kunjungi unair.ac.id untuk informasi lebih lengkap.