Dua hari sebelum peringatan World Whale Day, Minggu (21/2/2021), kawasan Selat Madura digegerkan dengan kematian massal paus yang teridentifikasi sebagai paus pilot sirip pendek atau short fin pilot whale (Globicephala macrorhynchus) di perairan Bangkalan.

Petugas Balai Konservasi Sumber Daya Air (BKSDA) melakukan evakuasi hampir 12 jam. Sebanyak 49 paus pilot tersebut mati dan dikuburkan secara massal di dekat lokasi kejadian dengan bantuan alat berat. Pemantauan dengan drone juga dilakukan. Melalui foto udara, didapatkan fakta sebanyak 52 paus mati,  sementara hanya ada 1 paus yang masih hidup.

Wakil Dekan Penelitian, Publikasi, Kolaborasi, dan Relasi Publik Fakultas Perikanan dan Kelautan Universitas Airlangga (FPK Unair) Dr Eng Sapto Andriyono SPi MT. (Foto: Istimewa)

Peneliti sekaligus Wakil Dekan Penelitian, Publikasi, Kolaborasi, dan Relasi Publik Fakultas Perikanan dan Kelautan Universitas Airlangga (FPK Unair) Dr Eng Sapto Andriyono SPi MT, menyebutkan, sekawanan paus pilot tersebut diduga mati karena cuaca ekstrem yang terjadi beberapa minggu terakhir.

Cuaca ekstrem tersebut yakni La Nina yang menyebabkan badai di kawasan selatan Pulau Jawa atau Samudra Hindia. Selain itu, imbuh Sapto, kematian paus itu diduga disebabkan sejumlah hal terkait kondisi lingkungan terkini. Terutama akibat perilaku dan perubahan alam yang terjadi. Menurut Sapto, ada empat hal yang menyebabkan paus tersebut mati.

La Nina dan El Nino

“Fenomena alam La Nina dan El Nino juga memungkinkan perubahan magnetik di laut. Perubahan itu dapat berpotensi mengubah sistem sonar pada paus,” ungkap dosen mata kuliah Biologi Laut tersebut.

Dengan asumsi fenomena alam itu, sekawanan paus pilot bermigrasi ke wilayah yang lebih tenang dan berusaha berteduh dari kondisi badai laut di kawasan ini. Namun, dugaan disorientasi ke wilayah yang semakin dangkal menyebabkan sekawanan paus justru berenang ke arah perairan Selat Madura yang lebih dangkal.

Kejadian serupa terjadi pada Juni 2016. Menurut Sapto, kejadian tersebut sangat mungkin terjadi dengan kondisi yang sama dengan kasus di Bangkalan. Namun, sekawanan paus pilot itu mengarah ke selatan Selat Madura hingga akhirnya merapat di perairan Probolinggo. Dari kasus saat itu, dilaporkan 10 paus mati dari kawanan paus yang berjumlah 32 ekor.

Tingkah laku, umur, dan penyakit

Selain cuaca, Sapto menegaskan, kematian paus memiliki beragam aspek yang masih perlu mendapat kajian secara mendalam. Baik dari sisi habitat tempat hidupnya, behavior-nya yang hidup dalam kelompok, maupun kemungkinan penyakit pada paus alpha (pemimpin) yang menyebabkan anggota kelompok paus tersebut ikut mati.

”Ini kami juga terus meneliti terkait itu,” katanya.

Pencemaran di laut

Masalah pencemaran di daratan serta banyaknya pencemaran sampah plastik yang terus meningkat juga menyebabkan kualitas perairan pesisir laut semakin menurun. Di sisi lain, paus melakukan migrasi ke daerah itu dalam rangka mencari kawasan yang tenang dan aman.

“Dengan kondisi sedimentasi yang tinggi dan pencemaran domestik berupa sampah dan plastik yang juga tersebar, ini menjadikan tingkat stres paus-paus yang terdampar sangat tinggi,” sebutnya.

Aktivitas manusia

Sapto mengomentari beberapa video amatir yang tersebar di sejumlah media daring (online). Terlihat masyarakat yang tengah asyik berfoto-foto dan bahkan menaiki paus yang dalam kondisi yang semakin stres.

Menurut Sapto, kesadaran masyarakat terkait ekosistem laut perlu menjadi perhatian dan kajian ke depan. Terutama terkait dengan pengetahuan terhadap biota dan ekosistem laut. Fenomena itu juga menjadi kesempatan untuk melakukan evaluasi dalam upaya kampanye ekosistem laut ke depan.

“Belum lagi warga yang berkerumun di sekitar paus yang mencoba memberikan pembasahan, tapi kemungkinan dilakukan pada bagian dekat blow hole (lubang pernapasan terletak berdekatan dengan bagian depan kepala dan condong ke kiri). Ini malah menyebabkan mamalia laut stres akibat sulit bernafas,” jelasnya.

Ia juga mengungkapkan bahwa upaya perbaikan kualitas lingkungan laut masih menjadi tugas besar bagi kita bersama. “Intinya, mari kita memperbaiki lingkungan laut sekaligus menjaga keanekaragaman hayati laut Indonesia.”

Sebagai salah satu kampus terkemuka, Unair senantiasa terlibat dalam segala usaha penyelamatan lingkungan. Kunjungi unair.ac.id untuk melihat kegiatan berwawasan lingkungan  lainnya yang telah dilaksanakan Unair.