Wisuda Universitas Airlangga (Unair) periode Maret 2021 kembali digelar pada Sabtu (6/3/2021) dan Minggu (7/3/2021). Wisuda pada Sabtu menghadirkan sambutan dari Ketua Pengurus Pusat Ikatan Alumni (IKA) Unair Dr Deni Setya Bagus Yuherawan SH MS serta perwakilan wisudawan asal Yaman Dr Abdulrahman Taresh Abdullah Abdulghani.

Dalam kesempatan pertama, Dr Deni yang juga Wakil Rektor I Universitas Trunojoyo, Madura, tersebut menyampaikan pesan hangat kepada orangtua beserta para wisudawan yang telah berhasil melalui perjuangan dalam menyelesaikan studi.

Dr Deni pun turut mengingatkan bahwa wisudawan nantinya akan menjadi bagian dari keluarga besar Ikatan Alumni Unair sehingga kontribusi mereka menjadi hal yang akan selalu ditunggu oleh masyarakat.

“Ikatan Alumni Unair pun selalu berkontribusi pada almamater melalui pengabdian masyarakat dan tanggap bencana, kajian internasional dan pendayagunaan global, pengembangan karier alumni, usaha kreatif dan penggalangan dana, maupun pembangunan hubungan antarlembaga,” tutur lulusan Fakultas Hukum Unair 1982 tersebut.

Sambutan itupun Dr Deni tutup dengan puisi berjudul Ibu karya Zawawi Imron yang ia bawakan secara mendalam, khusus sebagai persembahan Ikatan Alumni Unair bagi para orangtua maupun wali dari 1.012 wisudawan yang diwisuda pada hari itu.

Selain Dr Deni, Dr Abdulrahman yang merupakan lulusan S-3 Fakultas Ekonomi dan Bisnis Unair menyampaikan sambutan dan pesan senada. Ia menceritakan bagaimana dirinya telah menghabiskan delapan tahun untuk berkuliah S-2 hingga S-3 di Unair.

“Saya melanjutkan studi di sini karena saat itu tidak bisa pulang ke Yaman. Negara saya tengah mengalami perang saat itu. Dan usai wisuda ini, ingin kembali ke Yaman. Ingin melepas rindu kepada orangtua saya,” ungkapnya dalam wisuda yang digelar secara daring dan luring tersebut.

Dr Abdulrahman pun mengapresiasi tinggi perjuangan dan doa dari segenap orangtua maupun wali dari wisudawan yang telah berhasil membantu mengantarkan para Ksatria Airlangga tersebut meraih salah satu fase terpenting dalam kehidupannya.

Selain itu, Dr Abdulrahman turut menyampaikan terima kasihnya pada segenap sivitas akademika Unair yang telah memberikan ilmu dan pelayanan terbaiknya selama para mahasiswa menempuh ilmu mulai dari jenjang diploma, sarjana, magister, maupun doktor.

“Oleh karena itu, dengan segala bantuan dan doa tersebut, ini saatnya bagi kita para wisudawan untuk bersama-sama merapatkan barisan dan menebarkan ilmu yang kita dapat kepada sesama. Semoga kita semua menemukan kesuksesan dan kebermanfaatan bagi bangsa. Terima kasih,” tutupnya.

IKA Unair sebagai salah satu kampus unggulan, senantiasa berkontribusi pada almamater melalui pengabdian masyarakat. Informasi lengkap mengenai karya-karya mahasiswa Unair bisa mengunjungi unair.ac.id.[AYA]