Langkah nyata dan upaya internasionalisasi Departemen Manajemen Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Airlangga (FEB Unair) berbuah manis. Kali ini, Departemen Manajemen FEB Unair menorehkan prestasi dalam akreditasi internasional Quacquarelli Symonds World University Rankings (QS WUR) 2021. Departemen Manajemen FEB Unair berhasil menduduki posisi di 3 besar dalam ranking QS World 2021 untuk Subject Ranking “Business & Management Ranking” dengan peringkat 401-450 dunia.

Dr Gancar Candra Premananto SE MSi selaku Ketua Departemen Manajemen FEB Unair menuturkan, bahwa prestasi tersebut tidak terlepas dari upaya internasionalisasi yang terus digaungkan oleh Dekan FEB Unair Prof Dr Dian Agustia SE MSi Ak CMA CA. Menurut Dr Gancar, peringkat dari Manajemen FEB Unair berhasil meningkat 50 poin dibandingkan tahun 2020 lalu.

“Pada tahun 2020, Manajemen FEB Unair berada di antara 451 hingga 500 dunia. Saat ini, berdasarkan hasil release dari QS WUR, menunjukkan kami (Manajemen FEB Unair) berada di posisi 401-450 dunia,” jelasnya.

Hingga saat ini, Departemen Manajemen FEB Unair menjadi salah satu departemen dengan jurusan favorit bagi calon mahasiswa, baik untuk Program Studi S-1 Manajemen, Program Magister Manajemen (MM), Magister Sains Manajemen (MSM), maupun Doktor Ilmu Manajemen (DIM) FEB Unair. Semua prodi Manajemen FEB Unair memiliki akreditasi nasional A BAN-PT dan akreditasi internasional ABEST21 Jepang. “Selain itu, S-1 Manajemen telah tersertifikasi AUN (ASEAN University Network), dan menjadi program studi terbaik S-1 Humaniora 2018 versi Unair,” ungkapnya.

Dr Gancar mengungkapkan bahwa capaian dari Departemen Manajemen juga tidak terlepas dari aktivitas yang dilakukan oleh semua pihak. Utamanya adalah tim Departemen Manajemen di periode yang lalu bersama Ketua Departemen Manajemen Dr Praptini Yulianti SE MSi dan Sekretaris Departemen Manajemen Prof Dr Tanti Handriana SE MSi.

“Aktivitas internasionalisasi juga aktif dilakukan para dosen Manajemen yang meningkat aktivitasnya sebagai peneliti dengan publikasi internasional, reviewer jurnal internasional, pembicara seminar internasional bahkan menjadi asesor akreditasi internasional,” tutupnya.

Sebagai informasi, selain bidang studi business and management studies, dua bidang studi lain di Unair juga berhasil masuk tiga jajaran terbaik di Indonesia. Dua bidang studi itu adalah medicine dan law.

Bidang studi law menempati posisi kedua di Indonesia setelah Universitas Indonesia. Selain itu, medicine atau kedokteran menempati posisi ketiga setelah Universitas Indonesia dan Univesitas Gadjah Mada.

Indikator penilaian yang digunakan QS by Subject antara lain academic reputation, employer reputation, citations per paper, dan H-index.

Unair merupakan salah satu kampus unggulan yang senantiasa meningkatkan kualitas pendidikannya. Informasi selengkapnya seputar Unair dapat dikunjungi di unair.ac.id. (PKIP UNAIR)