Pada usia 15 tahun, kebanyakan remaja umumnya masih duduk di bangku SMP. Namun, berbeda dengan Hasna Azizah. Pada Senin (22/3/2021) lalu, Hasna dinyatakan lolos Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) di Fakultas Hukum Universitas Airlangga (FH Unair) tepat pada usianya 15 tahun 6 bulan.

Berdasarkan penuturan Hasna, ia hanya memerlukan waktu dua tahun untuk menuntaskan jejang SMP. Begitu pula pada jenjang SMA.

“Kalau TK dan SD, aku umur masuknya sama aja kayak yang lainnya. Di SMP dan SMA itu mereka pakai sistem SKS, jadi paling cepet selesai bisa dua tahun,” ungkap alumnus SMA International Islamic High School (IIHS) itu.

Atas capaian membanggakan tersebut, Hasna lantas dinobatkan sebagai calon mahasiswa termuda FH Unair. Hal itu tentu saja sulit diraih tanpa usaha yang sepadan. Selama sekolah, Hasna tinggal di asrama. Kegiatannya cukup padat. Pagi-pagi, ia sudah harus mengikuti kegiatan asrama, seperti shalat Subuh berjamaah, tilawah, lalu siap-siap pergi ke sekolah. “Kegiatan belajar-mengajar (KBM) dimulai pukul 07.30 sampai Ashar. Terus ada kegiatan asrama sampai pukul 21.00. Setelah itu, baru beristirahat,” ucapnya.

Di samping itu, beberapa bulan terakhir, Hasna juga mengikuti sejumlah bimbingan belajar dari pukul 16.30 hingga 20.00 WIB. “Biar cepat paham aku memahami materi daripada menghapal. Dan, setiap dua minggu sekali, aku ikut try out untuk mengetes sampai mana kemampuan aku,” imbuh peraih Juara IV Lomba Menulis Puisi Tingkat SMA se-Banten dan DKI Jakarta 2020 itu.

Siswa kelahiran Jakarta, 23 September 2005, tersebut mengaku memiliki target untuk secepatnya menyelesaikan pendidikan. Hal itu diupayakannya bukan tanpa sebab.

Hasna mengaku ingin membanggakan orang tua dan menjadi sosok inspiratif seperti saudara-saudara kandungnya. Dari sana, ia mendapatkan motivasi yang sangat besar.

“Aku memang ada target sekolah (kuliah) secepatnya. Apalagi kakak-kakakku masuk universitas yang bagus-bagus juga, itu jadi dorongan buat aku,” ujar anak kelima dari tujuh bersaudara itu.

Bagi Hasna, belajar Ilmu Hukum adalah salah satu cita-cita yang ia impikan. Hasna bersyukur kini mimpi itu telah terwujud. “Ilmu Hukum itu, menurut aku, keren banget dan prospek ilmunya kan banyak gitu,” ucapnya.

“Waktu tahu lolos SNMPTN, aku seneng banget, terharu, dan nggak nyangka. Orangtua juga bangga,” timpalnya gembira.

Sebagai salah satu universitas terbaik di Indonesia, Unair senantiasa mendukung minat belajar yang tinggi dari para mahasiswanya. Untuk mengetahui kiprah mahasiswa Unair di masyakarat, kunjungi unair.ac.id. (*)