Pekan lalu, lembaga pemeringkatan Scimago Institutions Ranking (SIR) merilis daftar perguruan tinggi terbaik berdasarkan subjek keilmuan. Dalam daftar itu, sebanyak tiga fakultas di Universitas Airlangga (Unair) meraih posisi tiga besar di Indonesia. Ketiganya ialah Fakultas Kedokteran Gigi (FKG), Fakultas Kedokteran Hewan (FKH), dan Fakultas Psikologi (FPSi).

Atas capaian itu, Muhammad Miftahussurur dr MKes SpPD PhD, Wakil Rektor Bidang Internasionalisasi, Digitalisasi dan Informasi, memberikan tanggapan. Saat ini, Unair memprioritaskan pemeringkatan yang dianjurkan oleh pemerintah yaitu Quacquarelli Symonds (QS) dan Times Higher Education (THE) World University Rankings. Pihaknya bersyukur, meskipun pemeringkatan Scimago terhitung baru, tiga fakultas di Unair termasuk tiga besar di Indonesia.

“Alhamdulillah, tiga fakultas di Unair memperoleh pemeringkatan yang cukup baik di Scimago. Tentunya hal ini bisa menjadi bekal bagi tiga fakultas tersebut dan memberi semangat pada fakultas-fakultas lain untuk memperoleh posisi yang lebih baik,” ujarnya pada Rabu (28/4/2021).

Tahun ini merupakan kali pertama bagi Scimago Institutions Rankings (SIR) melakukan pemeringkatan. Miftah menandaskan bahwa Unair akan tetap melakukan usaha yang terbaik pada seluruh pemeringkatan. “Kita akan tetap melakukan berbagai upaya agar dalam setiap pemeringkatan Unair menjadi yang terbaik,” tegasnya.

FKG

Sementara itu, menanggapi capaian tersebut, Dekan FKG Unair Dr Agung Sosiawan drg MKes mengatakan bahwa FKG akan terus berupaya memperbaiki diri. Pasalnya, pemeringkatan tersebut membuatnya cukup mawas diri.

“Kami bangga sekaligus juga mawas diri. Sebagai fakultas kedokteran gigi tertua di Indonesia, FKG Unair memiliki kewajiban untuk tetap menjaga marwah sebagai perguruan tinggi tertua di Indonesia. Kita perlu melakukan evaluasi terkait apa saja yang tentunya menjadi kekurangan kita,” terangnya.

Senada dengan Agung, Dekan Fakultas Psikologi Unair Prof Dr Suryanto MSi Psikolog menandaskan hal serupa. Namun, pihaknya juga menekankan bahwa pemeringkatan adalah bonus dari kerja keras yang telah dilakukan fakultas dalam memajukan pendidikan, penelitian, dan pengabdian kepada masyarakat.

“Capaian ini bukan tujuan kita, melainkan hadiah atas kerja keras yang telah kita lakukan selama ini,” ucap Prof Sur, sapaan karibnya.

Sebagai informasi, pada pemeringkatan yang dianjurkan oleh pemerintah yaitu QS World University Rankings, Unair masuk empat kampus terbaik di Indonesia. Empat kampus terbaik itu adalah Universitas Gadjah Mada, Universitas Indonesia, Institut Teknologi Bandung, dan Unair.

Unair sebagai salah satu universitas terbaik di Indonesia berkomitmen meningkatkan kualitas dan daya saing, baik nasional maupun global. Untuk mengenal Unair lebih dekat, klik unair.ac.id. (*)