Mahasiswa Universitas Airlangga menciptakan produk berbahan alami yang unik dan berkhasiat untuk menyelasaikan berbagai permasalahan kulit. Produk tersebut diberi nama Naturels.Co.

M Fajar Faliasthiunus P, salah satu anggota tim menuturkan bahwa produk Naturels.Co memiliki tiga varian. Pertama, Djengkolic, produk yang terbuat dari kulit jengkol. Kedua, Bananice, produk yang terbuat dari kulit pisang. Ketiga, Citrulics yang terbuat dari kulit jeruk.

“Produk pertama dari Naturels.Co adalah facial wash and scrub dengan merek Djengkolic, mulai diproduksi pada 2019. Untuk dua produk setelahnya yaitu Citrulics dan Bananice mulai diproduksi pada 2021,” tutur mahasiswa Fisika tersebut pada Jumat (25/6/21).

Mahasiswa UNAIR Ciptakan Produk Kecantikan Alami

Fajar menuturkan bahwa masing-ma;sing produk memiliki kelebihan tersendiri. Djengkolic memiliki kandungan saponin dan metil galat sebagai antioksi dan sekaligus antiaging. Bananice memiliki kandungan senyawa alkaloid, flavonoid, dan saponin yang berfungsi sebagai antibakterial terhadap bakteri penyebab jerawat.

“Citrulics mengandung flavonoid sebagai brightening agent. Produk ini memiliki klaim sebagai antiaging dan brightening,” tambahnya.

Saat ini, lanjut Fajar, tim sedang berfokus menyediakan produk kosmetik atau kecantikan yang lebih ramah lingkungan dan pastinya alami. Tidak hanya itu, Naturels sebagai usaha sociopreneur dalam proses produksinya menggaet beberapa usaha masyarakat, khususnya petani dan usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) sebagai supplier bahan baku.

Mahasiswa UNAIR Ciptakan Produk Kecantikan Alami

“Kerja sama dengan masyarakat kami lakukan dengan kesepakatan kerja sama dengan beberapa petani jengkol dan beberapa UMKM dalam menyuplai bahan baku Naturels,” terang mahasiswa angkatan 2017 itu.

Fajar berharap, ke depan, produk Naturels dapat menjadi pionir produk kosmetik dan kecantikan yang ramah lingkungan dan alami serta dapat bersaing dengan produk kecantikan lainnya. “Juga dengan tim Naturels saat ini akan menjadikan Naturels menjadi produk kosmetik yang diminati oleh konsumen dan menebar manfaat bagi UMKM di Indonesia,” pungkasnya.

Unair sebagai salah satu perguruan tinggi terbaik di Indonesia, mendorong sivitas akademikanya untuk berprestasi. Ingin mengetahui prestasi mahasiswa dan alumni Unair lainnya? Kunjungi laman unair.ac.id. (*)