Sekretaris Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Provinsi Jawa Timur Andik Fadjar Tjahjono atau yang akrab disapa Andik secara resmi telah diwisuda pada Sabtu (26/6/21) setelah berhasil menyelesaikan studi S-3 Program Studi Ilmu Sosial, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP) di Universitas Airlangga (Unair).

Andik mengungkapkan bahwa dia merasa lega karena perjuangannya dalam menempuh pendidikan telah usai. Meskipun dirasa sulit dalam membagi waktu antara kuliah dan kesibukan pekerjaan, Andik dapat memanfaatkan waktu tersebut untuk merampungkan disertasinya.

“Membagi waktu antara kuliah dan pekerjaan memang tidak mudah, tetapi yang paling penting harus semangat. Tidak boleh malas dalam mengerjakan disertasi, karena jika malas, waktu akan terbuang sia-sia,” ucapnya pada Senin (28/06/21).

Dalam menulis disertasinya, Andik memilih untuk membahas terkait teori modal sosial. Lebih lanjut, Andik menjelaskan bahwa dia meneliti tentang relasi sektor usaha yang dalam hal ini adalah koperasi dengan pemerintah. Hasil penelitian menunjukkan jika koperasi memiliki modal sosial yang cukup dan dapat memanfaatkannya dengan baik, dapat tercipta hubungan yang setara dengan pemerintah.

“Hubungan yang setara dengan pemerintah ini berarti koperasi tidak terlalu bergantung pada pemerintah melainkan koperasi dapat membantu pemerintah dalam penyusunan dan pelaksanaan kebijakan,” tuturnya.

Menurut Andik, dengan mempelajari ilmu politik selama studi S-3 membuat dia semakin memahami terkait hal-hal yang terjadi di pemerintahan. Lebih lanjut, melalui perjalanan studi S-3 tersebut Andik ingin menginspirasi alumni lain maupun generasi muda, terutama untuk anak-anaknya, agar tetap memiliki semangat dalam melanjutkan pendidikan.

“Saya ingin mengucapkan terima kasih kepada keluarga saya yang telah memberikan dukungan dan mau berkorban demi saya. Waktu-waktu yang seharusnya dapat dihabiskan bersama keluarga, justru saya gunakan untuk mengerjakan disertasi,” terangnya.

Kembali berfokus pada pekerjaan adalah kesibukan Andik setelah menyelesaikan studi S-3. Sesekali dia juga menyibukkan diri dengan bermain tenis. Andik menuturkan, bermain tenis menjadi salah satu hobi yang dapat membuat pikirannya menjadi lebih fresh.

“Ke depan, saya berharap dapat menyelesaikan tugas saya sebagai orangtua dan menyelesaikan tugas saya sebagai seorang pegawai negeri sipil (PNS),” tutup alumnus yang juga menjabat sebagai Ketua Ikatan Alumni FISIP Unair periode 2017-2021 tersebut.

Unair sebagai salah satu universitas terbaik di Indonesia, mendorong sivitas akademikanya untuk berperan aktif di masyarakat. Ingin mengetahui prestasi mahasiswa dan alumni Unair lainnya? Kunjungi laman unair.ac.id. (*)