Dunia maya tidak lama ini dihebohkan dengan video viral dari media sosial Tiktok. Video dengan durasi 60 detik tersebut menunjukkan cara mengurangi hidung tersumbat dengan bawang putih.

Menurut Dr Chusnu Romdhoni dr Sp THT-KL, dosen Fakultas Kedokteran Universitas Airlangga (FK Unair), metode menggunakan bawang utuh tidak dianjurkan. “Tidak ada metode pengobatan (hidung tersumbat) dengan cara tersebut,” ujar Dr Chusnu.

Hidung tersumbat sendiri dapat disebabkan beberapa hal, seperti infeksi (rinitis akut, rinitis kronis), alergi (pilek alergi), atau tumor (kanker sinus dan hidung).

Meskipun Covid-19 tidak selalu menyebabkan hidung tersumbat, metode bawang putih utuh juga tidak direkomendasikan untuk mencegah Covid-19. “Untuk pencegahan Covid-19, direkomendasikan untuk mencuci hidung dengan povidone iodine,” jelas beliau.

Selain pencegahan Covid-19, metode memasukkan bawang putih ke dalam rongga hidung juga tidak disarankan untuk mengurangi hidung tersumbat. Beliau juga menjelaskan bahwa memasukkan benda, dalam hal ini bawang putih, dapat menyebabkan iritasi pada rongga hidung.

Dr Chusnu Romdhoni menyampaikan, pengobatan hidung tersumbat dapat dilakukan dengan pemberian obat yang memiliki kandungan mentol.

“Mungkin penggunaan mentol lebih baik untuk melegakan hidung, seperti Vicks Inhaler,” ungkapnya.

Selain menggunakan obat-obatan, ada hal-hal lain yang bisa dilakukan untuk mencegah hidung tersumbat.

“Kalau yang normal dengan mencari udara segar, membuka jendela dan ventilasi rumah, menghindari debu atau alergen, dan mencuci hidung dengan air bersih. Untuk yang beragama Islam, ada bagian dari wudu yang namanya insyiqaq (menghirup air dan membuangnya sebanyak 3 kali). Bisa juga menggunakan uap hangat air atau berolahraga yang bersifat aerobik, seperti joging dan kardio,” sambungnya.

Terakhir, Dr Chusnu Romdhoni juga menyampaikan tips-tips untuk meredakan hidung tersumbat, seperti pola hidup sehat, makan teratur, istirahat cukup, dan olahraga teratur. Ditambah juga menggunakan masker dan menghindari alergen.

Unair merupakan salah satu universitas terbaik di Indonesia yang mendorong sivitas akademikanya senantiasa memberikan solusi bagi setiap permasalahan di masyarakat. Untuk mengetahui kiprah mahasiswa dan alumni Unair lainnya, kunjungi laman unair.ac.id. (*)