Sebanyak 8.174 mahasiswa baru dikukuhkan secara daring oleh Rektor Universitas Airlangga (Unair) Prof Dr Mohammad Nasih SE MT Ak. Mereka adalah mahasiswa baru jenjang sarjana dan vokasi yang diterima melalui jalur SNMPTN, SBMPTN, dan Mandiri.

Dalam kesempatan itu, Rektor menekankan, meskipun sedang pada masa pandemi, faktor tatap muka bukan menjadi penentu keberhasilan seseorang. Menurut Rektor, ada beberapa variabel penentu keberhasilan mahasiswa. Selain sarana prasarana dan tenaga pendidik, ada faktor intrinsik yang berasal dari dalam diri mahasiswa.

“Faktor intrinsik yang ada dalam diri mahasiswa yaitu komitmen dan keinginan mereka untuk terus menuntut ilmu,” ucap Rektor.

“Proses membalajaran hanya 30 persen (tatap muka, Red). Sisanya adalah proses pembelajaran Anda sendiri,” lanjutnya.

Selain itu, Rektor memberikan pesan-pesan kepada mahasiswa yang telah resmi menjadi bagian dari Ksatria Airlangga. Menurut Rektor, ada empat ciri pembelajar yang wajib dimiliki oleh mahasiswa. Pertama adalah terbuka.

“Keterbukaan dan kemauan kita untuk menerima ide dan pandangan baru, ilmu, pendapat, serta gagasan, menjadi hal yang sangat utama. Orang yang tidak terbuka akan bertahan dengan idenya semata tanpa melihat bahwa dia hanya sebagian kecil dari dunia ini,” ucap Rektor.

Kedua, berpikir logis dan sistematis. Pada ciri ini, Rektor mengimbau mahasiswa untuk menghindari mencari kambing hitam atau mengorbankan orang lain sebagai penyebab.

“Berpikir sistematis akan membuat kita tahu akar dari setiap masalah untuk mencari solusinya. Hindari pula informasi yang tidak terverifikasi,” ungkap Rektor.

Ketiga, fleksibilitas. “Fleksibilitas penting untuk menjadikan Anda pembelajar sejati. Kemampuan Anda mengubah diri, fleksibel, mengembangkan kapasitas diri, menjadi kunci untuk terus belajar. Anda sekarang dituntut untuk menjadi orang yang selalu terbuka dan siap dikritik,” ucap Guru Besar Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) Unair itu.

Keempat, berani mengambil risiko.

rektor berpesan tentang pembelajar

Tak lupa, Rektor memberikan selamat kepada seluruh mahasiswa yang berhasil menjadi bagian dari mahasiswa Unair. Pihaknya juga mengucapkan selamat kepada orangtua mahasiswa yang telah mengantarkan putra-putrinya hingga menjadi bagian dari mahasiswa Unair.

“Anda adalah orang-orang terpilih dan terseleksi. Saya menyampaikan selamat kepada Anda semua. Selamat pada para orangtua yang sudah mengantarkan putra-putrinya. Gunakan kesempatan ini dengan sebaik-baiknya,” ucap Rektor.

Unair merupakan salah satu universitas terbaik di Indonesia yang mendorong sivitas akademikanya senantiasa untuk aktif dan berprestasi. Untuk mengetahui kiprah mahasiswa dan alumni Unair lainnya, kunjungi laman unair.ac.id. [*]