Rektor Universitas Airlangga (Unair) Prof Dr Mohammad Nasih SE MT Ak mengukuhkan sebanyak 8.174 mahasiswa baru jenjang sarjana dan vokasi. Pengukuhan mahasiswa baru berlangsung secara daring dan luring di Aula Garuda Mukti Kantor Manajemen Unair, Senin (30/8/2021).

Sebanyak 8.174 mahasiswa baru itu diterima dari seleksi jalur Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN), Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN), dan Mandiri. Meskipun dilakukan secara daring, pengukuhan tak menyurutkan semangat para mahasiswa yang telah resmi menjadi bagian dari Ksatria Airlangga.

Dalam kesempatan itu, Rektor menyapa ribuan mahasiswa yang berasal dari Sabang hingga Merauke. Rektor juga berbincang dengan mahasiswa dengan domisili daerah terjauh. Beberapa di antaranya adalah Wan Hasanah, diterima pada Program Studi (Prodi) S-1 Teknik Lingkungan, Fakultas Sains dan Teknologi, yang berasal dari Aceh Timur, Nanggroe Aceh Darussalam.

Ada pula Michael Dwight Adolf Setiawan, mahasiswa Prodi S-1 Bahasa dan Sastra Inggris Fakultas Ilmu Budaya, diterima melalui Program Afirmasi Pendidikan Tinggi (ADik) yang berasal dari Jayapura, Papua.

Selain itu, Michelle Fidelia Alexandra, diterima pada Prodi S-1 Kedokteran Gigi, berasal dari Tarakan, Kalimantan Utara. Ia diterima melalui jalur Mandiri Kemitraan. Lalu, Tsamrotul Fu’adah Djawas yang diterima di Prodi S-1 Farmasi, berasal dari Rote Ndao, Nusa Tenggara Timur. Pada kesempatan berbincang itu, Rektor meminta mahasiswa untuk menyapa sesama mahasiswa lain dari seluruh Indonesia.

“Semuanya tetap semangat walaupun masih pandemi kayak gini,” ucap Michelle Fidelia Alexandra yang berasal dari Tarakan, Kalimantan Utara.

rektor sapa mahasiswa baru.

Rektor menekankan, meski mahasiswa terjauh dalam arti posisi, pihaknya yakin prestasi mereka luar biasa. Rektor juga mengucapkan selamat kepada seluruh mahasiswa baru yang telah dikukuhkan.

“Saya menyampaikan selamat kepada Anda semua. Anda adalah orang-orang terpilih dan terseleksi dari puluhan ribu mahasiswa yang mendaftar di Unair” ucap Rektor. Pihaknya juga mengucapkan selamat kepada orangtua mahasiswa yang telah mengantarkan putra-putrinya hingga secara resmi menjadi mahasiswa Unair.

“Gunakan kesempatan ini dengan sebaik-baiknya. Karya Anda semua ditunggu oleh bangsa dan negara,” ucap Rektor.

Unair merupakan salah satu universitas terbaik di Indonesia yang mendorong sivitas akademikanya senantiasa untuk aktif dan berprestasi. Untuk mengetahui kiprah mahasiswa dan alumni Unair lainnya, kunjungi laman unair.ac.id. [*]