Universitas Airlangga (Unair) kembali melepas putra-putri terbaiknya dalam Wisuda Periode September 2021. Sabtu (18/9/2021), Rektor Unair Prof Dr Moh Nasih SE MT Ak mewisuda 1.290 dari total 2.583 wisudawan. Dalam wisuda hibrida tersebut, Prof Nasih menyerukan harapan besarnya terhadap lulusan Unair di antara masyarakat kelak.

Dalam pidatonya, Prof Nasih mengingatkan bahwa wisuda bukanlah akhir dari segalanya. Wisuda menjadi awal dari proses kehidupan yang sesungguhnya. Usai proses bimbingan, penuntunan, dan pendampingan dalam lingkungan terbatas, Unair siap melepas wisudawan untuk mengawali kehidupan yang sesungguhnya.

“Pascawisuda ini, tak akan ada lagi bimbingan dosen atau kelas yang kita nikmati dengan tuntunan ilmu. Namun, dengan segenap bekal yang telah Unair berikan, kami yakin Anda semua akan mampu terus menumbuhkan kreativitas dan inovasi di luar sana,” ungkapnya.

Unair 3

Untuk itu, Prof Nasih meyakini para wisudawan Unair akan mampu bertahan dan terus berkarya meski di tengah tantangan situasi pandemi Covid-19. Prinsip humble, excellent, brave, agile, dan transcendent pun juga diharapkan dapat selalu diemban oleh para wisudawan.

Selain itu, dengan raihan yang dicapai Unair dalam beberapa hari belakangan. Unair berhasil menempati ranking ke-4 Indonesia versi Times Higher Education meski baru pertama kali mengikuti assessment tersebut. Melalui capaian tersebut, wisudawan diharapkan dapat semakin meningkatkan kepercayaan diri dalam persaingan dunia kerja.

Unair

Untuk itu, Prof Nasih mendorong agar wisudawan terus bekerja keras, bekerja cerdas, dan terus belajar agar mampu berkontribusi bagi almamater, bangsa, dan negara. Terakhir, wisudawan pun juga harus terus mengingat Tuhan sebagai aspek terpenting dalam kehidupan.

“Terus berkontribusi, bermakna, dan bermanfaat. Karena sebaik-baik manusia adalah manusia yang bermanfaat untuk kehidupan manusia lain. Mari bersama menjadi bagian penting dari peradaban manusia,” tutupnya.

Wisuda Sabtu (18/9/2021) ini sendiri menjadi wisuda hari pertama yang meluluskan mahasiswa dari jenjang S-1, S-2, S-3, serta Vokasi. Sementara itu, wisuda hari kedua akan dilaksanakan pada Minggu (19/9/2021).

Unair merupakan salah satu universitas terbaik di Indonesia yang senantiasa mendorong sivitas akademikanya untuk senantiasa berprestasi. Untuk mengetahui lebih jauh prestasi mahasiswa dan alumni Unair lainnya, kunjungi laman unair.ac.id. (*)