Baru-baru ini, lembaga Times Higher Education World University Rankings (The WUR) resmi mengumumkan pemeringkatan dunia berdasarkan penilaian pada bidang ilmu atau by subject. Yang membanggakan, enam bidang ilmu Universitas Airlangga (Unair) berhasil masuk dalam pemeringkatan bergengsi itu. Di antaranya, bidang ilmu Law (peringkat #201+), Business & Economics (peringkat #601+), Social Sciences (peringkat #601+), Clinical & Health (peringkat #601+), Life Sciences (peringkat #801+), dan Physical Sciences (peringkat #801-1000).

“Ini merupakan tahun pertama bagi Unair masuk dalam The WUR. Sebagai pendatang baru, capaian ini tentu menjadi awalan yang sangat baik dan memotivasi Unair untuk terus meningkatkan kualitasnya menjadi world class university,” ungkap Dian Ekowati PhD selaku ketua Badan Perencanaan dan Pengembangan (BPP) Unair.

Secara keseluruhan, Dian –begitu sapaan karibnya– menyebutkan ada sekitar 153 program studi Unair yang diikutsertakan dalam penilaian The WUR. Sementara itu, pada bidang ilmu hukum atau law sendiri, Unair menjadi satu-satunya universitas di Indonesia yang masuk dalam pemeringkatan tersebut.

Capaian itu, dinilai Dian sebagai hasil dari kerja keras berbagai pihak di Unair. Intensifikasi strategi internasional melalui kolaborasi bersama partner akademik global dan international researchers melalui berbagai aktivitas Tri Dharma, seperti kolaborasi penelitian dan publikasi, proses pengajaran dengan mengundang dosen internasional, dan pengabdian masyarakat secara internasional di bawah WUACD diangggapnya berkontribusi besar dalam capaian The WUR.

Indikator penilaian

Ditanya perihal kriteria penilaian The WUR, Dian menuturkan ada lima indikator utama yang bobotnya disesuaikan dengan masing-masing subject. Kelimanya yaitu teaching, research, citations, industry income, dan international outlook. Indikator tersebut kemudian dibagi lagi menjadi 13 indikator kecil yang melibatkan berbagai variabel seperti rasio mahasiswa dan dosen, rasio lulusan S-3 dan S-1, proporsi mahasiswa asing, jumlah publikasi ilmiah, dan jumlah pendapatan institusi.

“Ke depannya, Unair akan terus meningkatkan kinerjanya di masing-masing indikator tersebut sebagai bagian dari peningkatan kualitas Tri Dharma. Selain itu, kerja sama dengan dunia industri, dunia usaha, dan dunia kerja akan lebih diintensifkan yang nantinya diharapkan tidak hanya memberikan dampak untuk membantu peningkatan industri secara luas, tetapi juga berdampak bagi industry income universitas dan member,” tandasnya.

Unair merupakan salah satu universitas terbaik di Indonesia yang senantiasa mendorong sivitas akademikanya untuk berprestasi. Untuk mengetahui lebih jauh prestasi mahasiswa dan alumni Unair lainnya, kunjungi laman unair.ac.id. (*)