Gubernur Jawa Timur Dra Hj Khofifah Indar Parawansa MSi turut menghadiri acara Sidang Terbuka Dies Natalis ke-67 Universitas Airlangga (Unair) pada Selasa (9/11/21). Dalam kesempatan tersebut, Khofifah menyatakan kesiapannya dalam mendukung proses percepatan uji klinik Vaksin Merah Putih buatan Unair mulai dari tahap pertama hingga tahap ketiga.

Khofifah menjelaskan, saat ini, pelaksanaan uji klinik Vaksin Merah Putih masih menunggu izin dari Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM). Apabila Vaksin Merah Putih dapat digunakan sebagai vaksin booster, sambung Khofifah, dia menyatakan siap sebagai relawan pertama untuk uji klinik pada tahap pertama, kedua, maupun ketiga.

“Jika dalam proses ke depan, Vaksin Merah Putih dapat digunakan sebagai booster, saya siap menjadi relawan pertama. Namun, jika kemudian syarat uji klinik adalah yang pertama kali mendapat vaksin atau belum divaksin, membutuhkan relawan yang lain,” ucapnya.

Ke depan, kerja sama akan dilaksanakan oleh tiga pihak yang terdiri atas Unair, PT Biotis Pharmaceuticals Indonesia, dan Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Dr Soetomo di Surabaya. Khofifah mengatakan bahwa sejak 12 Oktober lalu, yang tanggal tersebut juga bertepatan dengan Hari Ulang Tahun (HUT) Pemerintah Provinsi Jawa Timur, telah disiapkan gazebo khusus di RSUD Dr Soetomo. Selain itu, Khofifah juga menuturkan bahwa hingga saat ini sudah cukup banyak yang mendaftar sebagai relawan untuk uji klinik vaksin.

“Jadi, tempat untuk uji klinik bagi para relawan adalah di RSUD Dr Soetomo sehingga kita juga menjadi bagian dalam percepatan pelaksanaan uji klinik Vaksin Merah Putih tahap pertama, tahap kedua, dan tahap ketiga,” tambah Khofifah.

Khofifah berharap seluruh pihak dapat memberikan semangat untuk proses pengembangan vaksin, terlebih bertepatan dengan 10 November. Lebih lanjut, Khofifah mengatakan bahwa dia bangga dengan adanya Vaksin Merah Putih buatan Unair tersebut.

“Sebagai Ketua Ikatan Alumni Unair, saya bangga dengan Unair yang telah memberikan persembahan terbaik bagi negeri ini untuk memberikan perlindungan dan keselamatan kepada seluruh masyarakat Indonesia. Saya tegaskan kembali bahwa saya akan menjadi orang yang berdiri di depan untuk mendorong suksesnya uji klinik vaksin tahap pertama, kedua, dan ketiga,” tutupnya.

Unair merupakan salah satu universitas terbaik di Indonesia yang senantiasa mendorong sivitas akademikanya untuk senantiasa berkarya. Untuk mengetahui lebih jauh karya apa saja yang telah dihasilkan mahasiswa, dosen, dan alumni Unair lainnya, kunjungi laman unair.ac.id. (*)